Sabtu, 09 Juni 2012

Perjalanan Mencari Ilmu ke CCA

Assalamualaikum, kembali lagi d blog saya yang baru di posting lagi, karena koneksi di kostan lemah, jadi saya sempetin pulang ke Bogor untuk sekedar posting dan menyelesaikan tugas, tapi sedih juga sih saya gak bisa hadi di seminar yang di adain oleh komunitas besar di sebuah kota yaitu Cimahi Creative Assosiation (CCA), yang tadi tuh di selenggarakan di gedungnya, di BITC nah di sana banyak yang hadir animator-animator kelas kakap semua deh, kayaknya asyik banget tapi sayang saya harus pulang ke Bogor :'(, tapi tenang saya tetap mengerjakan tugas yang di emban oleh seorang Mahasiswa D1 Animasi FSRD ITB, nah kemarin tuh Pak Gatot menyuruh agar membuat kelompok maksimal 4 orang untuk jalan-jalan (asyik kan tugasnya jalan-jalan hehe) nah harus dengan modal PP (pulang pergi bukan satpol PP yah hehe) per-orang Rp.10.000 sejauh-jauhnya tujuannya dan paling lama perjalanan 6 jam, kalo gak 6 jam di anggap hilang haha bercanda n,n.
Saya masih berpikir saat itu hari kamis, kemanakah kaki akan melangkah untuk mengemban tugas dan mendapatkan ilmu, triiiiing . . . lampu keluar dari kepala saya, saya punya teman yang sama-sama Mahasiswa D1 Animasi, namanya Kang Robi, Kang Kurnia, Kang Gemilang dan Kang Lingga, nah mereka tuh jagoannya animator di kelas hehe, dan ternyata mereka tergabung di CCA (wah pasti udah pada profesional hihi), nah saya coba tanya-tanya dimana tempat mereka membuat animasinya, dan saya sudah membuat rencana atau planning-lah bahasa kerennya hehe, untuk bisa pergi kesana :), karena saya orang baru di Bandung saya pun bertanya kepada sanak saudara dan teman mahasiswa saya tentang trayek angkot yang menuju ke arah Tol Baros, setelah dapat informasi saya pun langsung mengajak kedua teman saya yang sama-sama akan pulang ke Bogor, kami pun mengumpulkan uang hingga terkumpul Rp. 30.000, dan kami setelah pulang kuliah langsung berangkat ke gedung BITC (Baros Information Technology and Creative Center) nah gedungnya tepat berada dekat dengan Tol Baros, Cimahi.
 Pertama-tama saya naik angkot trayek Sadang Serang - Caringin dari depan BNI Perguruan Tinggi Bandung, dari situ saya di turunkan di Caringin, lalu saya melanjutkan lagi naik Leuwi Panjang - Cimahi, saya turun di pertigaan daerah tempat TNI AD gtu-lah, saya bersama kedua teman saya Muhammad Iqbal dan Wanda Kurniawan berjalan ke pertigaan antara Cimahi dan arah ke Tol Baros, dari situ ambil jalan kearah Tol Baros, pasti bertanya kenapa jalan ? hehe, karena kearah Gedung BITC kata Kang Robi gak ada angkot, dan ternyata itu benar adanya --". Ini penampakannya selama berjalan :)





Nah, udah jalan kira-kira sejauh 2 Km, nah inilah hasilnya, jreng jreng kita nyampe euy n,n hehe (narsis dikit ah hehe) Check it out :)





Sesampainya di sana saya bertemu Kang Robi, kami semua di ajak naik ke lantai 4, karena di sana-lah tempat produksi animasi yang saat kemarin tuh masih belum efektif karena jam terbangnya kurang, di sana banyak sekali penghargaan untuk bidang animasi, dan banyak sekali karya-karya yang kerennya deh. Di sana juga saya bertemu dengan Kang Irfan, beliau adalah koordinator di sana, dia menjelaskan banyak sekali tentang animasi dan terbentuknya CCA bersama Kang Robi, mereka senang kalo ada orang yang mau menimba ilmunya dan datang kesana. Gedungnya tersebut sih terdiri dari 5 lantai, lantai 3 dan 4 di pakai khusus animasi, oh iyah saya gak boleh masuk ke lantai 3 di karenakan sedang produksi animasi yang lagi di garap sama animator-animatornya, jadi di larang di ganggu hehe.
CCA itu menaungi berbagai komunitas di Cimahi, antara lain animasi, teater, film, dan fotografi, segala fasilitasnya di sumbangkan oleh pemerintah Cimahi dan juga sponsor-sponsor yang mendukung kreatifitas anak bangsa, dan dari itu semua menghasilkan banyak karya yang menakjubkan. Kang Irfan berpesan "Seorang animator itu gak cukup dengan pengalaman 1 tahun, tapi harus di latih bertahun-tahun agar outputnya pun sempurna", kata-kata yang buat saya makin seneng di dunia animasi, pokoknya keren deh komunitas ini, saya dateng ke sana gak ada ruginya sama sekali, ilmu yang saya dapatkan terus bertambah dan berkembang. Dari sanalah saya memiliki pikiran untuk membuat komunitas seni di Bogor, doakan yah semuanya agar itu semua bisa tercapai :).
Hari sudah sore dan saya harus segera pulang, dengan berat hati saya meninggalkan tempat inspiratif itu, dan ruginya lagi saya gak bisa ikut seminarnya hari sabtu ini :(, tetapi semua itu sangat berkesan dan menambah wawasan di dunia animasi :). Saya melanjutkan pulang dengan berjalan kaki lagi --", lalu saya menaiki angkot yang ke arah Caringin, setelah itu saya naik lagi angkot trayek Sadang Serang - Caringin. Akan tetapi maaf Pak Gatot kami gagal mengemban tugas karena ternyata dananya bertambah jadi Rp. 13.000 hehe, tetapi ilmu yang di dapat melebihi apah yang kami keluarkan dan perjalanannya kesana, sampe-sampe saya demam tinggi sepulang dari sana, tapi demi ilmu saya gak bakal menyerah :), sekian yang dapat saya posting, mungkin ini penampakannya yang bisa saya tampilkan :)














Tidak ada komentar:

Posting Komentar